Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Membuka Musrenbang Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023

BANDARLAMPUNG ( Lintasmedia. News) : —– Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Acara Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2023 di Hotel Emersia, Senin (27/3/2023).

Acara ini mengusung tema “Transformasi Perdagangan dan Industri mendukung Kemajuan ekonomi Lampung” yang bertujuan untuk melakukan perubahan dalam sektor perdagangan dan industri di Provinsi Lampung pasca pandemi Covid 19 untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Provinsi Lampung.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung berharap melalui Musrenbang ini dapat meningkatkan Profesionalitas dan Pencapaian Rencana Kerja bukan hanya untuk rencana satu tahun kedepan (2024) tetapi sekaligus untuk bahan perencanaan jangka menengah (2025-2030).

Selanjutnya Fahrizal menyampaikan bahwa selama ini paradigma produksi khususnya pertanian, kehutanan, perkebunan dan peternakan adalah proses produksi tanpa adanya proses pengolahan, hasilnya langsung dipasarkan kepada masyarakat atau konsumen, sehingga tidak ada nilai tambah dari hasil produksi tersebut.

“Kita harus merubah paradigma menjual hasil produksi menjadi olahan produksi atau yang biasa kita sebut hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah produk,” tegas Fahrizal Darminto.

Untuk mewujudkan transformasi atau perubahan paradigma tersebut bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan koordinasi dan sinergitas lintas sektoral antar seluruh pemangku kepentingan sekaligus para pelaku usaha industri olahan.

“Hal ini merupakan satu tantangan yang besar bagi kita untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca produksi dengan nilai tambah yang lebih tinggi,” lanjut Fahrizal.

Tugas pemerintah adalah memfasilitasi atau sebagai fasilitator agar produk yang telah dihasilkan dari pertanian, peternakan, perkebunan dan kehutanan dapat diolah menjadi bahan olahan yang bernilai tinggi dan bisa sampai ke konsumen dengan baik.

Industri Pengolahan di Provinsi Lampung lebih lambat dibandingkan dengan sektor pertanian, tentunya ini membutuhkan dorongan dari semua pihak agar Industri pengolahan atau Industri hilirisasi dapat terus mengalami pertumbuhan yang baik di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni, S.P., M.T. menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan salah satu kegiatan untuk merespon percepatan perubahan yang terjadi di era digitalisasi dan era teknologi revolusi industri 4.0 yang tidak bisa dihindari.

“Semua sektor diharapkan dapat bermigrasi ke cara-cara baru agar bisa bekerja lebih efektif, efisien dan produktif,” ucap Elvira.

Adapun peserta yang mengikuti Musrenbang yaitu sebanyak 80 peserta yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung, Perwakilan Bappeda, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala BPS Provinsi Lampung, Asosiasi Usaha/Pelaku Usaha, Perwakilan Akademisi dengan narasumber dari Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Perdagangan RI. (Diskominfotik Provinsi Lampung). Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *