Resmi Dilantik, 17 PKD se-Kecamatan Batanghari Diminta Tingkatkan Pengawasan Partisipatif

LAMPUNG TIMUR (Lintasmedia.news) : – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Batanghari melantik 17 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-kecamatan setempat di Griya Kebun, Senin (6/2/2023) pagi. Sebanyak 17 PKD merupakan pengawas di masing-masing desa yang ada di Kecamatan Batanghari.

Ketua Panwaslu Kecamatan Batanghari Nurohmat berharap PKD yang telah dilantik dapat bekerja secara maksimal dan profesional. “Kerja pengawasan itu kerja full time, artinya tidak mengenal waktu, baik pagi, siang, sore, atau malam,” ujar Nurohmat saat memberikan sambutan usai melantik 17 PKD.

Ia meminta seluruh PKD untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pencegahan dan pengawasan. “Pemilu ini hajat bersama, bukan hanya KPU atau Bawaslu, tetapi juga masyarakat secara umum,” ujar dia.

Artinya, kata dia, masyarakat harus diedukasi agar ikut serta menjadi bagian dalam pencegahan dan pengawasan pemilu. “Karena jika yang mengawasi hanya PKD, maka akan susah menjangkau satu desa dalam pengawasan,” ujar Nurohmat.

Kata dia, subjek pengawasan sangatlah banyak, ada dari peserta pemilu, penyelenggara, ASN, TNI, Polri, aparatur desa, dan juga masyarakat umum. Serta, kata dia, pengawas pemilu juga melakukan pengawasan setiap tahapan yang ada. “Sementara PKD hanya 1 orang di setiap desa,” ujar Nurohmat.

Lebih lanjut, masyarakat sebagai pengawas partisipasif juga diatur dalam peraturan kepemiluan, yaitu UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 448 ayat (3). “Masyarakat dapat melaporkan kepada PKD atau Panwaslu Kecamatan Batanghari jika ada pelanggaran pemilu, baik itu politik uang ataupun yang lainnya,” ujar dia.

Sementara itu, Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur, Winarto berharap PKD se-Kecamatan Batanghari memiliki etos kerja tinggi dan integritas yang kuat. “Integritas ini hal yang wajib bagi penyelenggara pemilu. Kalau penyelenggara tidak berintegritas, lantai bagaimana dengan hasil pemilunya,” ujar Winarto.

Hadir pada pelantikan PKD ini Camat Batanghari, kapolsek, danramil, KUA, PPK, dan Kepala Desa Banjarrejo. Usai pelantikan, 17 PKD diberi pembekalan oleh tiga pimpinan Panwaslu Kecamatan Batanghari, Nurohmat, Erzal Syahreza Aswir dan Musli Rianza. (RD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *