IIB Darmajaya Mewisuda 323 Mahasiswa, Dua dari Madagaskar dan Uganda

BANDARLAMPUNG (Lintasmedia.news) : – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mewisuda 323 mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dalam wisuda ke-35, di Gedung Bagas Raya, Rabu (10/5/23). Dua diantara wisudawan adalah mahasiswa asing asal Madagaskar dan Uganda.

Adapun 323 wisudawan/ti terdiri dari program sarjana sebanyak 110 Prodi Manajemen, 82 Prodi Akuntansi, 58 Prodi Teknik Informatika, 10 Prodi Sistem Informasi, dan 8 Prodi Sistem Komputer. Sementara, untuk program pascsarjana terdiri dari 39 berasal dari Prodi Magister Teknik Informatika dan 16 Prodi Magister Manajemen.

“Alhamdulillah juga, pada hari ini IIB Darmajaya kembali mewisuda mahasiswa asing asal Uganda Mujuni Kenneth Nyakairu (Kent) dan Mahasiswi asal Madagaskar Vatsiniaina Tatamo Sahondra (Tatamo),” kata Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc.

Firmansyah juga menjelaskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan IIB Darmajaya membuktikan kampus sangat menjunjung tinggi kualitas. Baik itu kualitas Sumber Daya Manusia, kualitas layanan, kualitas konten, kualitas proses pendidikan serta kualitas unsur pendidikan lainnya. “Hal itu dibuktikan dengan disematkannya IIB Darmajaya sebagai salah satu kampus terbaik di Sumatra Bagian Selatan dan PTS Terbaik Pertama di Provinsi Lampung dan merupakan institut swasta nomor satu di Indonesia versi Kemendikbudristek,” ujarnya.

Menurut dia, IIB Darmajaya kini telah menambah 5 Program Studi Baru Kekinian, guna menjawab tantangan era digital yang terus berkembang. Yaitu, Prodi Desain Interior, Hukum Bisnis, Pariwisata, Pendidikan Teknologi Informasi, dan Prodi Sains Data. “Dengan adanya penambahan lima prodi baru tersebut, kami juga memutuskan menambah fakultas dari 2 menjadi 3 fakultas, yaitu Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata. Insyaallah, paling lama tahun depan, kami juga akan membuka Program Doktoral (S-3), guna menampung para lulusan Strata Dua untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” bebernya.

Dari Program MBKM, lanjut dia, kampus telah memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menentukan sendiri program pilihan yang mereka inginkan. Yaitu melalui Program Student Mobility dan Joint Research. “Mahasiswa diberi kesempatan untuk kuliah selama enam bulan di sejumlah kampus ternama di luar negeri. Baik itu di negara-negara Asia seperti China, Taiwan, Thailand, Malaysia maupun di negara-negara Eropa dan Afrika seperti di Inggris, Turki, Rusia, dan Kenya,” urainya.

Rektor menambahkan kampus juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang selama enam bulan di perusahaan-perusahaan besar. “Di bidang non-akademik, banyak prestasi yang diraih mahasiswa kami dalam kurun waktu empat bulan terakhir,” imbuhnya.

Diantaranya, Prestasi yang diraih mahasiswa IIB Darmajaya adalah M. Amar Khadafi dan Sekar Arum Yolanda, Mahasiswa Prodi DKV IIB Darmajaya sebagai Juara Fotografi Golden Islamic Competition, Indonesia. Kemudian, Hellen Larissa, Mahasiswi Prodi DKV IIB Darmajaya Juara Lomba Fotografi Nasional di Universitas Andalas. “Presiden BEM IIB Darmajaya juga dapat meraih Penghargaan Tokoh Muda Inspiratif Peduli Pendidikan, juga Afifah Agustin, Mahasiswi Kampus The Best ini Raih Medali Perunggu Nasional Sciencelish Olympiad 2023,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *