Bupati Lampung Selatan Apresiasi Kegiatan UKMK Expo Kemenkeu Satu

BANDARLAMPUNG – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi Festival Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Expo Kemenkeu Satu yang diselenggarakan oleh Unit Vertikal Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal itu disampaikan Nanang usai menghadiri Festival UKMK Kemenkeu Satu yang digelar di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Selasa 18-Oktober-2022.

“Ini luar biasa, bagaimana pelaku UMKM bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi,” kata Nanang dilansir dari website Pemkab Lampung Selatan www.lampungselatankab.go.id.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, kegiatan UKMK Expo Kemenkeu Satu sejalan dengan program yang saat ini tengah dijalankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Dimana kata Nanang, saat ini Kabupaten Lampung Selatan tengah masif menggalakkan program-program penuntasan kemiskinan, seperti pengembangan UMKM dan potensi wisata, serta pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan sebagai akses roda perekonomian.

Selain itu kata Nanang, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan saat ini juga terus berupaya menggali potensi yang ada, dengan melakukan berbagai kegiatan yang salah satunya dengan menggelar kegiatan Kecamatan Fair di semua kecamatan yang ada di Lampung Selatan.

“Dalam kegiatan Kecamatan Fair ini, semua desa menyuguhkan berbagi produk UMKM unggulan dari masing-masing desa se-Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Nanang.

Nanang menambahkan, melalui kegiatan Kecamatan Fair itu diharapkan dapat kembali meningkatkan daya beli masyarakat desa, sehingga bisa menjadi pelopor dalam membangkitkan kondisi perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami (pemerintah daerah) juga terus menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Mulai dari sektor wisata hingga UMKM. Yang mana, potensi-potensi tersebut, nantinya diharapkan mampu menopang bangkitnya perekonomian daerah,” kata Nanang.

Sementara itu, kegiatan UKMK Expo Kemenkeu Satu merupakan bentuk kepedulian Kementerian Keuangan dalam mendorong perekonomian di Provinsi Lampung pasca pandemi COVID-19, yang selaras dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kegiatan yang bertajuk “SINERGI DAN KOLABORASI WUJUDKAN PEMBERDAYAAN UMKM BERKELANJUTAN” dibuka secara resmi oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi .

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Lampung Mohammad Dody Fachrudin, Staf Ahli Kemenkeu RI Bidang Penerimaan Negara Oza Olavia, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung Tri Bowo.

Hadir juga, anggota DPD RI Perwakilan Lampung Ahmad Bastian, Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Zaid Burhan Ibrahim serta dihadiri oleh seluruh bupati/wali kota, Forkopimda serta stakeholder terkait di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, 18-20 Oktober 2022, bertujuan sebagai wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya, bertukar ilmu sekaligus menjadi sarana Kemenkeu dalam mengenalkan berbagai program dukungan pemberdayaan UMKM.

Staf Ahli Kementerian Keuangan Bidang Penerimaan Negara Oza Olavia menjelaskan bahwa melalui acara tersebut, Kementerian Keuangan mencoba untuk mengkolaborasikan terkait upaya dalam mendorong UMKM serta membangun sinergi antara Kementerian Keuangan secara keseluruhan dengan Pemerintah Daerah melalui dinas-dinas terkait di Provinsi Lampung.

“Kementerian Keuangan berupaya mendukung sektor UMKM Lampung yang sudah baik agar menjadi lebih baik lagi. Sehingga Provinsi Lampung menjadi penyokong UMKM terbaik dan memberi manfaat bagi provinsi lainnya di Indonesia,” kata Oza Olavia.

Dalam kesempatan itu Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2021 dari Kementerian Keuangan bersamaan dengan sejumlah Kabupaten/kota se Provinsi Lampung Atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 dengan Opini WTP.

Selanjutnya, Bupati Lampung Selatan juga melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan bersama Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Lampung dalam rangka Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan Daerah serta Penguatan Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *