Api Di TPA Alam Kari Padam, Sampah 6 Hektar Habis Terbakar

LAMPUNG UTARA (Lintasmedia.news) : – Setelah melalui upaya dan perjuangan yang cukup panjang, Api di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Alam Kari Kecamatan Kotabumi telah Padam.

“Alhamdulillah sudah hampir seminggu ini api nya sudah padam. Selain kita siram menggunakan mobil tang kita, dibantu jug dengan Air Hujan,”ucap Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Lampura Agus Jaya, Selasa 14 Oktober 2023.

Lanjut Agus, dalam memadamkan api di TPA Alam Kari, pihaknya di bantu oleh beberapa OPD terkait dan Pihak Kepolisian. Sebelumnya juga Api di TPA itu sempat mendekati pemukiman warga. Untungnya saja, tidak semakin meluas apinya.

“Sampah seluas 6 Hektar itu habis, apinya menjalar dari bawah. Namun nanti saat turun hujan, sampah akan memadat ke bawah,” paparnya.

Agar kejadian ini tidak terulang kembali, tambah Agus, pihaknya meminta kepada seluruh Masyarakat yang melintas di TPA jangan sampai membuang puntung rokok sembarangan. Begitu juga saat melakukan pembakaran sampah, hendaknya dapat di jaga. Sebab jika kejadian seperti ini terulang lagi, kemudian kobaran api tidak tertahankan, bukan hanya pemukiman warga terdekat saja yang bisa terbakar, namun juga kebun-kebun warga yang ada di sekitar TPA.

“Kita harapkan masyarakat bisa sama-sama mengerti, karena jika sampah di TPA ini terbakar lagi kemungkinan hal-hal terburuk akan terjadi lagi. Untuk itu mari kita sama-sama jaga tempat ini,” pungkasnya. (Rud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *