Nanang : Apkasi EXPO 2022, Ajang Promosi Pariwisata dan UMKM Lampung Selatan

JAKARTA – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyebut kegiatan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Otonomi Expo 2022 sebagai ajang untuk mempromosikan potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Lampung Selatan.

Potensi itu kata Nanang, diantaranya komoditi, parwisata serta produk-produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) binaan Dekranasda dan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan serta peluang investasi yang ada di Bumi Khagom Mufakat.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto disela-sela meninjau stand Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan pada gelaran APKASI Otonomi Expo 2022 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu 20-Juli-2022.

Nanang mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Lampung Selatan dalam APKASI Otonomi Expo 2022 merupakan bentuk nyata untuk mempromosikan pariwisata dan UMKM sebagai upaya untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita berharap melalui APKASI Otonomi Expo 2022 ini, Kabupaten Lampung lebih dikenal luas. Sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, Lampung Selatan ini memliki peluang yang sangat besar. Kita ada laut, gunung, dan pesisir pantai yang panjang,” ujar Nanang.

Selain itu lanjut Nanang, melalui kegiatan APKASI Otonomi Expo 2022 dapat menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Lampung.

Nanang menjamin iklim investasi, kepastian hukum, serta kemudahan perizinan yang didukung oleh online single submission (OSS) untuk para investor.

“Kami membuka peluang investasi untuk seluruh investor diseluruh Indonesia maupun luar negeri. Dengan hadirnya berbagai duta besar negara sahabat dan melihat stand Kabupaten Lampung Selatan, mudah-mudahan mereka dapat berinvestasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang membuka kegitan itu mengatakan, pada APKASI Otonomi Expo 2022 digelar pameran UMKM untuk mempromosikan produk unggulan dan potensi dari seluruh daerah. Tito menyebut, saat ini sektor UMKM merupakan salah satu tulang punggung yang mampu menopang perekonomian negara Indonesia.

Tito berharap, melalui APKASI Otonomi Expo 2022 bisa menjadi salah satu ajang yang baik untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan para pelaku UMKM dari berbagai daerah agar dikenal daerah lainnya di Indonesia bahkan hingga mendunia.

“Expo merupakan ajang promosi produk daerah. Baik sektor perdagangan, pariwisata dan investasi. Kita belajar dari pandemi COVID-19 yang memberi banyak pelajaran, salah satunya masalah ketahanan ekonomi pangan, keuangan dan lain-lain,” kata mantan Kapolri ini.

Adapun dalam ajang APKASI Otonomi Expo 2022 yang berlangsung pada 20-22 Juli 2022 itu, Kabupaten Lampung Selatan menampilkan produk unggulan seperti Kain Batik Ecoprinting, Kain Tapis, Kain Inuh serta makanan olahan dari bahan pisang, kopi, beras, pala, olahan cengkeh, madu serta potensi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. (MRA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *